5. Perilaku Produsen

Posted: April 4, 2010 in Uncategorized

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkah, rahmat dan ridhonya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Adapun maksud penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah softskill.

Dalam makalah ini, penulis menyadari bahwa hasil yang dicapai masih jauh dari sempurna, terdapat banyak kekurangan, baik dari segi penyajian materi maupun tata bahasa penulisan. Oleh karena itu penulis sangat berterima kasih atas kritik dan saran yang bersifat membangun dalam perbaikan serta koreksi bagi penulis.

Akhir kata penulis persembahkan makalah ini agar dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.

Bekasi, April 2010

Penulis

DAFTAR ISI

Hal
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………….. 1
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………….. 2
BAB 5 Perilaku Produsen …………………………………………………………………………….. 3
A. Produsen dan Fungsi Produksi …………………………………………………………….. 3
B. Produksi Optimal ………………………………………………………………………………. 4
C. Least Cost Combination …………………………………………………………………….. 5

EVALUASI …………………………………………………………………………………………….. 7

Lembar Jawab Evaluasi …………………………………………………………………………… 9
BAB 6 & 7 Ongkos dan Penerimaan ………………………………………………………………. 10
A. Macam – macam Ongkos …………………………………………………………………. 10
B. Kurva Ongkos ………………………………………………………………………………….. 11
C. Penerimaan ( Revenue ) …………………………………………………………………….. 15
D. Keuntungan Maksimum ……………………………………………………………………. 16

EVALUASI ………………………………………………………………………………………….. 19
Lembar Jawab Evaluasi ………………………………………………………………………….. 21

BAB 8 & 9 Struktur Pasar …………………………………………………………………………….. 21
A. Pasar Persaingan Sempurna …………………………………………………………………. 22
B. Pasar Monopoli ………………………………………………………………………………….. 23
C. Pasar Monopolistis …………………………………………………………………………….. 24
D. Pasar Oligopoli ………………………………………………………………………………….. 25
EVALUASI ……………………………………………………………………………………………. 27
Lembar Jawab Evaluasi ……………………………………………………………………………. 29
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………………………. 30

5. Perilaku Produsen
A. Produsen dan Fungsi Produksi
Kalau pada bagian sebelumnya diperlajari perilaku konsumen dengan pendekatan Demand Function (Fungsi permintaan) maka perilaku Firm sebagai produsen dipelajari dengan pendekaran Supply Function. Produsen dalam ekonomi adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan.

C. Least Cost Combination

Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat !!
1. Fungsi produksi adalah…
a. Orang yang menghasilkan barang dan jasa
b. Suatu fungsi yang menunjukan hubungan antara berbagai kombinasi input yang digunakan untuk menghasilkan output
c. Suatu fungsi yang menunjukan hubungan antara berbagai kombinasi output yang digunakan untuk menghasilkan input
d. Suatu input ditambahkan dan input-input lain tetap
e. Pertambahan produksi total semakin lama semakin kecil
2. Kurva yang menunjukkan tingkat produksi total adalah….
a. Total Physical Product (TPP) d. MPPx
b. Marginal Physical Product (MPP) e. APPx
c. Average Physical Product (APP)
3. Kurva yang menunjukan hubungan antara berbagai kemungkinan kombinasi 2 input variabel adalah….
a. Total Physical Product (TPP) d. MPPx
b. Marginal Physical Product (MPP) e. APPx
c. Isoproduct curve
4. Kombinasi faktor-fdaktor produksi yang dapat diperoleh dengan mengeluarkan sejum;lah ongkos tertentu adalah…
a. Total Physical Product (TPP) d. Average Physical Product (APP)
b. Marginal Physical Product (MPP) e. Isocost
c. Isoproduct curve
5. Dalil keuntungan Least Cost Combination adalah…
a. d.
b. e.
c.
6. Pola konsumsi suatu keluarga dalam masyarakat dipengaruhi oleh bebagai faktor seperti berikut ini, kecuali…
a. Besar kecilnya tingkat tabungan yang diinginkan
b. Besar kecilnya tingkat penghasilan yang diperoleh
c. Tingkat harga kebutuhan
d. Besar kecilnya jumlah anggota
e. Lingkungan tempat tinggal dimana keluarga itu berada
7. Perilaku konsumen dalam mengkonsumsi barang sifatnya berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, kecuali….
a. Selera konsumen d. pendapatan seseorang
b. Intensitas kebutuhan e. banyaknya barang produksi lama
c. Ada tidaknya barang subtitusi
8. Orang memberikan nilai kepaa suatu benda karena benda itu dapat …
a. Dipakai dan dapat dijual
b. Dikonsumsi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan
c. Dipakai dan dapat diuangkan
d. Dipakai dan dapat dijual
9. Tinggi rendahnya nilai batas suatu benda ditentukan oleh..
a. Nilai pakai obyektif dai benda itu
b. Sulit tidaknya benda itu diproduksi
c. Mahal tidaknya benda itu
d. Banyak sedikitnya benda itu dinilai
10. Urutan kegiatan produksi suatu barang dengan mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi disebut…
a. Produksi industri
b. Proses produksi
c. Faktor poduksi
d. Faktor industri

Jawaban Pilihan Ganda
1. B
2. A
3. C
4. E
5. D
6. E
7. C
8. B
9. A
10. B

6. ONGKOS DAN PENERIMAN
A. Macam-macam Ongkos

B. KurvaOngkos

C. Penerimaan (Revenue)

D. Keuntungan Maksimum
Dalam menentukan keuntungan maksimum ada 2 cara sebagai berikut :
1. Keuntungan maksimum dicari dengan jalan mencari selisih antara keuntungan maksimum dengan ongkos minimun.
2. Keuntungan maksimun terjadi pada saat MR = MC.

Dari tabel diatas menunjukan bahwa keuntungan maksimun adalah pada Q = 4 satuan.
Keuntungan maksimum = TR maksimum – TC minimum
= 480 – 250
= 230
Berdasarkan gambar tersebut, keuntungan maksimum dicapai pada kurva TR dan TC yang jarak vertikalnya paling lebar.
Jika dengan menggunakan MR = MC, keuntungan maksimum dicapai pada saat MR berpotongan dengan MC.

Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat !!
1. Jumlah ongkos-ongkos yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkat yang dihasilkan adalah…
a. Total variable cost d. total cost
b. Total fixed cost e. Average total cost
c. Average fixed cost
2. Ongkos variable yang dibebankan untuk tiap unit output adalah…
a. Average total cost d. Total fixed cost
b. Total variable cost e. Average fixed cost
c. total cost
3. Kurva yang menunjukan hubungan antara jumlah ongkos produksi dengan tingkat output yang dihasilkan adalah…
a. Kurva penerimaan d. kurva produksi
b. Kurva penawaran e. kurva konsemsi
c. Kurva ongkos
4. Rumus yang digunakan untuk menghitung Marginal Cost adalah…
a. d.
b. e.
c.
5. Mesin, gedung, dan tanah merupakan peralatan dalam ongkos produksi….
a. jangka panjang d. kurva ongkos konsumen
b. jangka pendek e. kurva ongkos produsen
c obligasi
6. Kurva yang menunjukan ongkos rata-rata yang paling minimumuntuk berbagai tingkat produksi adalah….
a. Kurva penerimaan d. Kurva Long Run Averege Cost (LRAC)
b. Kurva penawaran e. Kurva produksi
c. Kurva ongkos
7. Kurva LARC menyerupai bentuk huruf U disebabkan oleh….
a. Kumpulan AC yang banyak d. karena produksi menurun
b. menyentuh AC minimum e. karena konsumen menurun
c. karena produksi meningkat
8. Total revenue maksimum berada pada…..
a. Eh = 1 d. Eh = 2
b. Eh = 0 e. Eh = -2
c. Eh = -1
9. Keuntungan Maksimum terjadi pada saat….
a. MR + MC d. TC = TFC + TVC
b. MR = MC e. MR – MC
c. TR = P.Q
10. Faktor-faktor yang merupakan economies scale adalah sebagai berikut, kecuali…
a. spesialisasi faktor-faktor produksi
b. Penurunan harga bahan mentah, karena pembelian yang besar
c. Hasil dari produk sampingan
d. Perusahaan besar mendorong pengembangan fasilitas diluar perusahaan yang berguna baginya
e. Penaikan harga mentah

Jawaban Pilihan Ganda
1.A
2.E
3.C
4.B
5.B
6.D
7.A
8.A
9.B
10.E

7. Struktur Pasar
Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, misalnya jumlah perusahaan dalam pasar, skala produksi, jenis produksi dan sebagainya.
Suatu struktur pasar dikatakan kompetitifjiak perusahaan tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi pasar. Struktur pasar kompetitif berbeda dengan tingkah laku kompetitif, tingkah laku kompetitif adalah kondisi dimana perusahaan harus bersaing secara aktif dengan perusahaan lain.
Struktur pasar pada prinsipnya berarti mengelompokkan produsen/perusahaan yang terdapat didalam industri ke dalam beberapa bentuk dasar berdasarkan :
1. Jenis barang yang dihasilkan
2. Banyaknya/jumlah perusahaan dalam industri
3. Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
4. Peranan iklan dalam kegiatan industri (pasar).
Berdasarkan kriteria tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu :
A. Pasar Persaingan Sempurna
Adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
– Jumlah penjual dan pembeli banyak
– Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
– Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
– Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
– Posisi tawar konsumen kuat
– Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
– Sensitif terhadap perubahan harga
– Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Cirinya adalah:
• Banyak perusahaan dalam pasar
• Setiap perusahaan sebagai penerima harga (price taker)
• Bebas keluar dan amasuk dalam pasar
• Produknya bersifat homogen/identikal
• Penjual dan pembeli punya informasi mengenai pasar
Perusahaan (produsen) bertujuan memaksimumkan profit:
1. MR = MC, dilihat dari tingkat output
2. MVP = MRP = MFC, dilihat dari penggunaan input
Keuntungan/profit ekonomi adalah selisih antara total penerimaan dengan total biaya ekonomi (laba/profit di atas normal).
Profit normal adalah biaya oportunitas atau normal rate of return dari sumber yang dimiliki owner yang dipakai dalam kegiatan usaha.
Profit (?) = Economic profit = TR – TC
Profit (?) = TR – Explicit Cost – Normal Profit
Perbedaan utama antara pasar persaingan sempurna dengan pasar lain adalah bentuk kurva permintaannya. Kurva pemintaan pada pasar persaingan sempurna berbentuk horizontal, karna beberapa output perusahaan, harga tidak akan berubah. Dalam pasar persaingan sempurna, harga sama dengan panerimaan rata-rata dan penerimaan marjinal.
B. Pasar Monopoli

Adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
– Hanya terdapat satu penjual atau produsen
– Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
– Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
– Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
– Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
– Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses
Cirinya adalah:
• Industri dengan satu perusahaan
• Sebagai penentu harga (price maker, price setter, or price seller)
• Tidak ada kemungkinan entry & exit bagi pendatang baru
• Produknya adalah diferensiasi (tidak identitikal)
• Promosi kurang diperlukan
Monopoli mempunyai slop kurva demand negatif (d = AR) dan keuntungan ekonomi maksimum dicapai pada MR = MC, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Monopolist dapat memaksimumkan profit dengan melakukan:
• Diskriminasi harga atau menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar yang berbeda (multi-market monopoly).
• Menjual produk yang sama dan harga yang sama dari pabrik yang berbeda (multi-plant monopoly).
• Perusahaan dapat menggunakan input yang sama dengan output berbeda (multi-product monopoly)
Limit pricing adalah cara penentuan harga di bawah biaya rata-rata minimum suatu perusahaan agar perusahaan yang akan memasuki suatu industri menjadi takut.
Tambahan :
– Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan.
– Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli.
Beberapa syarat (asumsi) penerapan diskriminasi harga adalah:
1. Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar yang lain
2. Sifat barang dan jasa memungkinkan untuk dilakukan pembedaan harga
3. Elastisitas pada masing-masing pasar harus berbeda
4. Kebijakan ini tidak menyedot biaya yang melebihi profit
5. Produsen dapat eksploitasi ketidak-rasionalan sikap konsumen (seperti pembungkus, merk/cap, atau promosi/iklan yang berbeda)
Diskriminasi harga memiliki perbedaan derajat yaitu tingkat pertama, tingkat kedua dan tingkat ketiga.

C. Pasar Monopolistik

Adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain. Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistik :
– Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
– Mirip dengan pasar persaingan sempurna
– Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
– Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
– Relatif mudah keluar masuk pasar
Cirinya adalah:
• Terdapat banyak perusahaan/penjual
• Relatif kecil kekuasaan menentukan dan mempengaruhi harga
• Barangnya berbeda corak (differentiated product)
• Keluar dan masuk industri relatif bebas
• Promosi penjualan sangat aktif
Perusahaan dalam persaingan monopolistik dapat memaksimumkan profit ekonomi dalam jangka pendek, sedangkan dalam jangka panjang profit ekonominya nol dan memperoleh profit normal karena berproduksi under capacity.
Penilaian terhadap Persaingan Monopolistik:
• Penggunaan sumber daya kurang efisien dibandingkan dengan persaingan sempurna
• Diferensiasi produk merupakan kompensasi dari inefisiensi. Masyarakat dapat memilih antara produk efisien (hraga murah) atau dengan diferensiasi produk (banyak pilihan jenis barang).
• Perkembangan teknologi dan inovasi relatif terbatas karena keuntungan tidak berlangsung lama
• Distribusi pendapatan relatif seimbang karena tidak terdapat kelebihan keuntungan dalam jangka panjang.
Struktur pasar ini juga mengedepankan persaingan non-harga yaitu merupakan usaha-usaha di luar perubahan harga yang dilakukan untuk menarik banyak pembeli terhadap barang yang diproduksinya.
Ada dua bentuk yaitu:
• Diferensiasi produk: beda merk, kemasan, mutu, cita rasa, purna jual, dll
• Promosi penjualan melalui iklan (jenis iklan pertama dan kedua)

D. Pasar Oligopoli

Adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :
– Harga produk yang dijual relatif sama
– Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
– Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
– Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain.
Cirinya adalah:
• Jumlah perusahaan beberapa atau sangat sedikit (4 atau 8 besar perusahaan raksasa menguasai 70%-80% nilai seluruh produksi atau penjualan produknya
• Jenis barangnya bisa homogenous atau diferensiasi
• Kekuasaan menentukan harga, terkadang kuat (tangguh) dan ada kalanya sangat lemah
• Hambatan masuk cukup kuat, karena paten dan modal yang diperlukan sangat besar.
• Promosi relatif diperlukan
Jika ada dua perusahaan dalam struktur pasar oligopoli, maka disebut duopoly.
Sementara itu, oligopoli yang produknya homogen disebut pure oligopoly, sedangkan produknya diferensiasi dikenal differentiated oligopoly.
Strategi penentuan harga dapat ditempuh dengan dua cara:
• Collusion (kesepakatan/persekongkolan)
• Non-collusion (tanpa persekongkolan)
Beberapa cara untuk mengetahui derajat oligopoli:
• Concentration ratio
• Herfindahl Index
• Contestable Markets
Model Oligopoli yang penting:
• Kinked Demand Curve Model (Paul Sweezy, 1939)
• Game Theory (Prisoner’s, advertiser’s, and pricing dilemmas)
• Cartel Arrangement
• Price Leadership
• Sales Maximization Model (William Baumol, 1959)
Strategi untuk menghalangi potensial entrants:
1. Entry limit pricing
2. Capacity barrier to entry
3. Multi-product cost barrier
4. New product development as a barrier to entry
Perusahaan Oligopoli sering menghadapi persoalan yang dikenal dengan ‘priosoner’s dilemma’, refers to a situation in which each firm adopts its dominant strategy but each could do better (ie. earn larger profits) by cooperating.

Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat !!
1. Pasar dimana penjual dan pembeli tidak mempunyai kekuatan pasar disebut…
a. Pasar persaingan sempuna d. duopoli
b. Persaingan monopoli e. monopoli
c. Oligopoli
2. Berikut ini ciri-ciri pasar persaingan sempurna, kecuali…
a. Produknya bersifat homogen
b. Banyak perusahaan dalam pasar
c. Bebas keluar dan masuk dalam pasar
d. Setiap perusahaan sebagai penerima harga
e. Harga produk yang dijual relatif sama
3. Kurva permintaan pada pasar persaingan sempurna berbentuk horizontal, artinya….
a. Secara aktual perusahaan akan menjual produknya secara tak terhingga pada tingkat harga tertentu
b. Perusahaan tidak dapat mengubah harga pasar
c. Perusahaan mendapatkan laba super normal
d. Hanya terdapat satu perusahaan yang menguasai pasar
e. Suatu perusahaan dapat mempengaruhi harga pasar.
4. Keadaan dimana penerimaan perusahaan persis sama dengan biaya variabel rata-rata yang harus dikeluarkan dinamakan…
a. Biaya marjinal d. untung berlebih
b. Shutdown price e. untung normal
c. Penerimaan marjinal
5. Bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar adalah…
a. Pasar monopoli d. pasar monopolistis
b. Pasar oligopoli e. pasar persaingan sempurna
c. Pasar persaingan tidak sempurna

6. Monopoli mempunyai slop kurva demand negatif (d = AR) dan keuntungan ekonomi maksimum dicapai pada…
a. MR MC e. MR + MC = -1
c. MR + MC = 1
7. Limit pricing adalah…
a. Diskriminasi harga memiliki perbedaan derajat
b. penentuan harga di bawah biaya rata-rata minimum suatu perusahaan agar perusahaan yang akan memasuki suatu industri menjadi takut
c. Harga produk yang dijual relatif sama
d. Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain.
e. Relatif kecil kekuasaan menentukan dan mempengaruhi harga
8. Sifat-sifat pasar monopolistik, kecuali…
a. Mirip dengan pasar persaingan sempurna
b. Relatif mudah keluar masuk pasar
c. Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merunah harga
d. Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
e. Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
9. Dikota ini ada ratusan restoran yang menjual soto. Soto pak Amir merupakan yang paling laris jauh diatas restoran lain. Struktur pasar yang dihadapi soto pak Amir adalah….
a. Persaingan sempurna d. duopoli
b. Monopoli e. oligopoli
c. Persaingan monopoli
10. Strategi untuk menghalangi potensial entrants, kecuali…
a. Price Leadership d. Multi-product cost barrier
b. Entry limit pricing e. New product development as a barrier to entry
c. Capacity barrier to entry

Jawaban Pilihan Ganda :
1. A
2. E
3. B
4. C
5. A
6. D
7. B
8. D
9. B
10. A

DAFTAR PUSTAKA

1.Dunnet, Andrew (1992), Understanding the market, Longman Group UK limited.

2.Harrison, Barry (1990), Economics: A level and AS-Level, Longman Group Uk Limited.

3.Rose, Peter s (1997), money and Capital Markets: Financial Institutions and Instrument in a Global Marketplace, Richard D. Irwin

4.Sukirno, Sadono (1996), Pengantar Teori Mikroekonomi, edisi ke-2, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
5. http://www.google.com

Comments
  1. bare says:

    terima kasih banyak sudah baca semua bagus, tetap belajar lagi ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s