Teori Organisasi

Posted: November 26, 2009 in Tentang Organisasi

Kebaikan yang tercerai berai akan mudah dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir

Sebenarnya organisasi tidak selalu harus terdiri dari orang-orang, tetapi dapat juga berupa sekumpulan perangkat keras maupun perangkat lunak yang membentuk sebuah kerjasama untuk mencapai tujuan, seperi misalnya : organisasi computer, organisasi file, dll ; meskipun sebagian besar diantaranya adalah kombinasi antara orang-orang dan perangkat-perangkat.

Sejarah menunjukkan bahwa, di dalam semua masyarakat, para warganya selalu terbagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok. Latar belakang pembagian seperti ini bervariasi, diantaranya adalah : kekuasaan yang diwariskan, agama, pengetahuan yang diperoleh atau kekuatan ekonomi; tetapi selalu ada yang memiliki hak-hak istimewa dan yang serba kekurangan, yang kuat dan yang lemah, mereka yang di atas dan mereka yang di bawah.

Sejarah juga menunjukkan kepada kita bahwa mereka yang serba kekurangan telah berhasil dalam mengubah dan memperbaiki jabatannya di dalam masyarakat dengan mengorganisasikan diri ke dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan dan tujuan bersama yang terdefinisikan.

Jadi, sebuah organisasi dalam hal ini dipandang sebagai kelompok orang, yang memiliki kesamaan dalam permasalahan yang dihadapi, kepentingan, dan tujuan umum, dan mengakui bahwa dengan berjuang bersama-sama, mereka mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk memecahkan permasalahannya, mempromosikan kepentingan dan mencapai tujuannya.

Sebuah organisasi harus mempunyai nama, yang mencerminkan maksud dan/atau kelompok yang diwakilinya.

Nama itu juga harus mencerminkan wilayah geografis tempat organisasi itu beroperasi.

Anggaran dasar sebuah organisasi menetapkan aturan-aturan tentang siapa saja yang dapat menjadi anggota, hak dan kewajiban anggota, tujuan umum dan prioritas organisasi serta aturan-aturan mengenai bagaimana seharusnya organisasi berfungsi dan melaksanakan usaha-usahanya.

Orang hanya dapat dan tetap menjadi anggota organisasi ini jika mereka tanpa syarat menerima dan menghargai aturan-aturan yang ditetapkan dalam anggaran dasar.

Disamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah fungsi dan kedudukan seorang ketua umum, yang tugas utamanya adalah menjalankan amanat organisasi dalam suatu periode waktu tertentu sesuai keputusan rapat atau musyawarah yang dihadiri oleh seluruh anggota atau perwakilannya.

sumber : http://www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s