JALAN PINTAS PEDULI SESAMA

Posted: November 21, 2009 in Uncategorized

Ditengah banyaknya masalah social di bumi tercinta ini, kita seharusnya tidak hanya berpangku tangan. Nah, untuk mewujudkan rasa perduli kita terhadap keadaan di luar san, banyak cara yang bisa kita pilih, salah satunya lewat situs amal. Hanya dengan bermodalkan seperangkat computer dan koneksi internet, kita bis a langsung mengakses situs-situs yang akan membantu kita menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Kita bisa beramal tanpa keluar uang sepeser pun !! Penasaran, ingin tahu gimana caranya ?? Ayoo kita cek satu per satu…

http://www.freepoverty.com
Sejak zaman nenek moyang kita sampai sekarang, masalah kemiskinan memang nggak ada matinya. Setiap hari, 30 ribu jiwa yang tersebar di seluruh dunia meninggal karena minimnya persediaan air. Kemiskinan membuat mereka sulit mendapatkan akses terhadap air bersih. Padahal air adalah elemen kedua terpenting (setelah oksigen) yang berfungsi menopang hidup kita. Akibatnya, para warga miskin jadi terserang berbagai penyakit yang mematikan, deh.
So, kita Bantu yuk !! Langsung aja klik http://www.freepoverty.com dan bermain dengan game tebak lokasi di situs ini. Cra mainnya, kita harus menandai lokasi-lokasi yang diminta (misalnya Big Ben, United Kingdom). Nah, keakutaran jawaban kita akan menentukan jumlah gelas air yang akan disumbangkan. Kalau jawaban kita benar, kita akan menyumbangkan 10 gelas air. Jadi selain bisa berbuat baik untuk orang lain , kita juga bisa menambah pengetahuan. Sampai dengan pertengahan Juni ini, freepoverty.com bersama sponsor utamanya, Mobatar S.r.I yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, telah mendonasikan 21.695.530 gelas air bersih bagi warga miskin diseluruh dunia.

http://www.freerice.com

Masalah dunia selanjutnya adalah kelaparan, yang nggak kalah peliknya. Walaupun tehnologi semakin maju, tapi ternyata nggak menjamin musnahnya masalah kelaparan. Malah, Dr. Jacques Diaouf, Direktur Jenderal Food Agricultural Organization (FAO), bilang bahwa bukannya menurun, tapi jumlah penduduk kelaparan didunia sekarang ini justru meningkat 4 juta per tahun. Seram Yaa !!
Makanya, ayo kita putus mat a rantai kemiskinan-kelaparan-kematian dengan meng-klik http://www.freerice.com. Cukup mainkan game tebak kata dengan mencari sinonim yang tepat . Setiap jawaban yang benar, artinya kita berhasil menyumbang sebanyak 20 butir beras melalui UN World Food Program. Program yang telah dimulai sejak 7 Oktober 2007 ini telah mendistribusikan 37.104.235.890 butir beras (per pertengahan Juni tahun ini) kepada warga dunia (salah satunya warga Bangladesh), yang menderita kelaparan. Enaknya lagi, selain bisamenyumbang gratis, kosakata bahasa inggris kita dijamin makin ssaaiiikk. Ayo tunggu apa lagi !!

http://www.ecologyfund.com

Mengaku peduli lingkungan ??? Jangan ngaku dulu sebelum mengakses situs yang satu ini. Disini, kita bisa melakukan banyak aksi cinta bumi dengan cara yang sngat praktis. Yakni, hanya tinggal pilih saja, mau beraksi melindungi hewan langka, mengurangi populasi, atau menanam hutan lindung.
Misalnya nih, kita pilih aksi mengurangi polusi. Dengan meng-klik pilihan itu maka akan setara dengan mengurangi 2 pon karbondioksida (CO2) dari atmosfer. Kok bisa ?? Karena artinya, klik-an mouse kita itu akan “menggerakkan” pihak sponsor untuk menenam pohon di habitat kupu-kupu langka di Hutan Michoacan, Mexico, melalui Michoacan Restoration Fund. Selain bikin udara jadi bersih, aksi ini juga bisa mengurangi bahaya global warming, menghijaukan kembali bumi kita dan mencegah punahnya kupu-kupu langka tersebut. Menurut data terakhir yang ada, total lahan yang terselamatkan adalah seluas 2,217,925,124 kaki persegi.

http://www.saynotoviolence.org

Di era penuh semangat emansipasi ini, ternyata perempuan masih saja jadi objek diskriminasi dan juga sering kali jadi objek penderita. Salah satunya adalah tindak kekerasan terhadap perempuan. Parahnya lagi, kasus kekerasan terhadap perempuan ini adalah masalah social yang global dan terus bertambah jumlahnya setiap tahun. Kebanyang nggak sih, banyaknya ibu-ibu yang bekerja sebagai karyawan pabrik yang jam kerjanya seharian penuh ?? Atau, Tragedi Monas yang baru saja terjadi dan menyebabkan beberapa perempuan ikut dipukuli ??
Segala bentuk kekerasan itu bisa diakhiri kalau banyak pihak yang peduli. Salah satunya adalah kita, tentu saja !! Kita bisa ikut membantu mereka dengan mengakses http://www.saynotoviolence.org . Disitus ini, kita bisa meng-klik boks yang bertuliskan “Say No To Violence against Women”. Setelah itu, kita akan diminta menuliskan nama kita, yang artinya kita ikut berpartisipasi dalam kampanye anti-kekerasan terhadap perempuan. Petisi online ini didukung penuh oleh United Nations Development Fund for Women (UNIFEM) untuk memperjuangkan hak para wanita dari kehidupan bebas kekerasan. Hingga saat ini, sudah lebih dari 227.351 orang yang telah bergabung memberikan dukungan. Jangan sampai ketinggalan, yoo !!!

http://www.theliteracysite.com

Menurut definisi yang diberikan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), literacy bisa didefinisikan secara sederhana sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menyampaikan dan membuat tulisan. Intinya, literacy dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Masalahnya, di zaman serba canggih dan modern seperti sekarang, ternyata banyak penduduk dunia yang belum mempunyai kemampuan ini (illiteracy). Makanya, masalah illiteracy dianggap masalah social yang harus kita benahi sama-sama.
Banyak cara untuk menyelesaikan masalah ini, salah satu cara praktis adalah dengan cara meng-klik http://www.theliteracysite.com. Cukup dengan meng-klik dan/atau membeli barang dari situs ini, maka pihak sponsor akan mengucurkan dana pembelian buku untuk mereka yang membutuhkan. Kita juga bisa membantu menyebarluaskan informasi tentangsitus dengan mengirimkan e-card secara gratis. Bersama partner-nya http://www.FirstBook.org dan http://www.RoomToRead.org, situs ini telah menyumbangkan lebih dari 1,6 juta buku kepada anak-anak didaerah miskin seperti Tibet, India, Vietnam, dan Laos.

http://www.thebreastcancersite.com

Sudah nggak asing dong sama yang namanya kanker payudara ?? Yap !! penyakit ini memang jadi momok menakutkan bagi seluruh perempuan seluruh dunia. Selain gawat dan mematikan, pengobatan pun nggak murah dan harus melalui proses yang berat. Kalau ada pepatah yang bilang, mencegah lebih baik dari pada mengobati, memang bener banget, tuh !! Makanya, perlu dilakukan deteksi dini payudara dengan melakukan mammogram. Mammogram memang nggak bisa mencegah kanker secara langsung. Tapi paling nggak, dengan dengan melakukan mammogram, artinya kita bisa mendeteksi lebih dini benih-benih kanker payudara ditubuh.
Pengadaan mammogram inilah yang diupayakan oleh situs http://www.thebreastcancersite.com. Cara kerjanya sama dengan situs www. Theliteracysite.com. Setiap kali kita meng-klik situs ini, artinya aka nada sponsor yang “mengucurkan” dana untuk pendanaan mammogram bagi ribuan perempuan di luar sana. Uniknya lagi, jika situs ini berhasil mencapai 8 juta klik setiap bulannya, artinya si pihak sponsor akan menambahkan sumbangan sebesar 10 ribu dollar untuk pembelian mammogram lainnya. Hebat !! Program amal yang sejak tahun 2000 ini sudah berhasil menyediakan lebih dari 16,000 mammogram di Negara-negara bagian Amerika, Hawaii, dan Puerto Rico.

http://www.thechildhealthsite.com

Kesehatan memang milik semua orang, nggak terkecuali anak-anak. Sebagai calon penerus bangsa, mereka nggak kalah penting perannya di banding orang dewasa. Kalau kita memang peduli dengan kualitas anak di seluruh dunia, nggak usah ragu lagi dong untuk meng-klik situs yang satu ini. http://www.thechildhealthsite.com mendukung kesehatan anak-anak diseluruh dunia dengan cara menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi teman-teman kita.
Setiap satu klik yang kita lakukan, akan setara dengan penyediaan fasilitas kesehatan untuk satu orang anak. Semakin sering kita meng-klik setiap harinya, maka aakn banyak anak-anak yang kita tolong. Dimulai sejak tahun 2002, thechildhealthsite.com telah berhasil menyediakan fasilitas kesehatan untuk lebih dari 2 juta bayi dan anak-anak diseluruh dunia. Gampang banget kan ??

Ketujuh situs diatas hanyalah sebagian kecil dari upaya kita untuk melakukan berbagai akses kepedulian. Kita bisa terus browsing dan melakukan upaya nyata lainnya untuk terus membantu mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, kita akan jadi warga dunia yang tentunya juga ikut peduli dengan permasalahan social.

Sumber : http://www.gadis-online.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s