Diabetes Bahayanya Si Manis

Posted: November 21, 2009 in Uncategorized

Kenali Penyakitnya

Diabetes sering disebut juga dengan kencing manis karena penyakit ini muncul akibat kadar glukosa (gula) yang tinggi didalam darah. Biasanya sih, selesai makan dan minum, kadar gula darah di tubuh kita memang selalu naik. Tapi, kalau naiknya ketinggian, pancreas kita secara otomatis akan melepaskan hormone bernama insulin, yang bertugas mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. Nah, ketika tubuh kita tidak bisa melepaskan atau mengaktifkan insulin, maka kadar gula di dalam darah  kita jadi tidak terkontrol.

Kenali Tipenya

Ada dua tipe penyakit diabetes yang masing-masing punya ciri khas, yaitu :

Diabetes tipe 1 :

Diabetes ini bawaan sejak lahir dan sering menyerang anak kecil. Jadi sejak lahir atau masa anak-anak, penderita diabetes tipe 1 sudah memiliki kelainan pada pancreas-nya sehingga nggak bisa menghasilkan insulin.  Ada macam-macam penyebabnya, misalnya karena infeksi virus akibat lingkungan yang kotor atau kurang makanan yang bergizi. Penderita diabetes tipe ini hidupnya tergantung banget sama suntikan insulin.

Diabetes tipe 2 :

Kalau diabetes tipe 2 ini  muncul akibat obesitas atau kegemukan, dan pola hidup yang nggak sehat. Meskipun biasanya baru menyerang orang-orang yang berusia diatas 30 tahun, tapi sebenarnya diabetes ini sudah mengendap di dilam tubuh sejak usia remaja. Pankreas diabetes tipe 2 ini masih memproduksi insulin, namun jumlahnya sedikit  dan tubuhnya pun kebal terhadap efek insulin karena sudah kebanyakan gula yang menumpuk didalam darahnya.

Kenali Gejalanya

Ada beberapa gejala penyakit diabetes yang bisa kita waspadai :

Sering buang air kecil. Segala macam kelebihan zat dalam tubuh akan dibuang secara paksa oleh tubuh kita melalui saluran kencing, termasuk kelebihan gula. Jadi, penderita diabetes biasanya akan sering banget bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Kelaparan dan Kehausan. Saat buang air kecil, penderita diabetes bukan hanya membuang kelebihan gula, tapi juga cairan dan kalori yang cukup besar. Akhirnya, penderita jadi sering kehausan dan kelaparan, meskipun sudah makan banyak banget. Bahkan berat badannya pun akan turun secara drastic.

Kenali Bahayanya

Ingin tahu lebih  banyak  bahaya diabetes ?? Ini beberapa diantaranya :

Para dokter menyatakan bahwa diabetes sering menyebabkan timbulnya penyakit lain (kompilasi). Bahkan diabetes dianggap sebagai penyebab utama  kerusakan ginjal, karena dipaksa bekerja keras mengeluarkan gula dalam darah melalui saluran kemih.

Selain itu, kadar gula darah yang nggak terkontrol juga menimbun lemak di dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi nggak lancar. Akibatnya kita bisa terkena serangan jantung, pembuluh darah diotak pecah, dan luka pada kulit susah untuk sembuh. Lalu, kerusakan pada pembuluh darah mata bisa menyebabkan gangguan penglihatan bahkan kebutaan.

Makanya nggak heran kalau Prof. Sidartawan Soegondo, Ketua Umum Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) mengatakan bahwa dibetes bisa  menyebabkan kematian yang lebih banyak di bandingkan virus HIV/AIDS. Gawatnya lagi, jumlah penderita penyakit ini semakin meningkat setiap tahunnya karena pola hidup kita yang nggak sehat. Kala uterus seperti itu, WHO memperkirakan bahwa di tahun 2030 nanti, orang Indonesia yang terkena diabetes akan berjumlah sekitar 21,3 juta orang.

Kenali Pencegahnya

Sebelum menyesal kemudian, Dokter A.B. Wardoyo dari RS Bintaro memberikan beberapa saran untuk menjauhkan kita dari penyakit diabetes :

Jaga pola makan. Sekali lagi, hindari fast food, soft drink atau snack lain yang tidak sehat. Boleh saja kita makan-makanan yang mengandung gula seperti permen dan cokelat, tapi jangan berlebihan. Karena bukan Cuma menyebabkan lemak bertumpuk, tapi juga menimbun gula di dalam tubuh kita.

Olahraga. Jangan malas berolahraga. Setidaknya setiap hari sisihkan waktu untuk menggerakan tubuh kita. Meskipun itu Cuma sekedar berjalan kaki santai saja.

Berat badan seimbang. Sebenarnya menguruskan badan bukan Cuma sekedar menambah cantik penampilan tapi juga menyehatkan tubuh kita. Nggak perlu harus kurus banget, tapi jaga keseimbangan berat badan kita agar jangan sampai kegemukan (obesitas).

Sumber : http://www.gadis-online.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s